Nilai Bisnis Netflix Menembus USD100 Miliar

Jakarta, Selular.ID – Netflix memperoleh kapitalisasi pasar lebih dari USD100 miliar untuk pertama kalinya karena penambahan pelanggan bersih yang mencapai rekor tertinggi, sehingga mendorong pertumbuhan laba bersih yang kuat pada kuartal terakhir 2017.

Menurut laporan Reuters, layanan video streaming berbasis di AS itu menambahkan 8,3 juta pelanggan baru selama kuartal tersebut, sehingga totalnya menjadi 117 juta. Dalam sebuah surat kepada para pemegang saham, disebutkan bahwa pertumbuhan pelanggan adalah yang tertinggi dalam sejarahnya, yakni naik 18 persen dibandingkan periode yang sama di 2016. Saat itu terjadi penambahan 7.05 juta pelanggan.

Netflix mencatat tambahan bersih Q4 2017 melampaui perkiraan 6,3 juta. Hal ini terutama disebabkan karena akuisisi yang lebih kuat dari perkiraan yang didorong oleh daftar konten asli dan adopsi hiburan internet global yang sedang berlangsung.

Total pendapatan bersih Netflix mencapai USD 186 juta, naik dari USD 67 juta pada Q4 2016, sementara total pendapatan streaming (tidak termasuk bisnis DVD-nya) adalah USD 3 miliar, dibandingkan dengan USD 2,4 miliar pada kuartal 2016. Pendapatan streaming untuk semua 2017 adalah USD 11 miliar.

Dengan pencapaian yang tumbuh signifikan itu, Netflix menyebutkan telah mendaftarkan lebih dari separuh dari seluruh rumah tangga broadband AS untuk layanannya, Reuters menambahkan.

Dalam surat pemegang sahamnya, Netflix mengatakan bahwa pencapaian pada Q4 2017 menjadi momen yang sangat penting bagi pertumbuhan perusahaan. Menyelesaikan tahun yang hebat saat TV internet berkembang secara global. Manajemen Netflix pun menambahkan bahwa pihaknya berencana untuk terus berinvestasi dalam konten asli.

Kolaborasi

Sementara Netflix tidak mengungkapkan pencapaian di sekitar aplikasi mobile-nya, Paolo Pescatore, VP multiplay dan media di CCS Insight, mengatakan bahwa kemitraan dengan operaror telekomunikasi akan menjadi kunci pertumbuhan pelanggan lebih lanjut dalam 12 bulan ke depan.

“Karena banyak penyedia layanan dan operator lokal memperkuat layanan video mereka, lingkungan persaingan terus meningkat. Netflix akan menghadapi persaingan yang semakin ketat karena saingannya meluncurkan layanan TV langsung dan beralih ke hak olahraga, “katanya.

Sebuah laporan dari lembaga riset Sensor Tower baru-baru ini menyimpulkan bahwa Netflix adalah aplikasi berbasis langganan teratas di iOS sepanjang 2017.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.