Bagaimana caranya agar dapat terus dikenal sampai 1.000 tahun?

Bagaimana caranya agar dapat terus dikenal sampai 1.000 tahun?
Marylin Monroe Hak atas foto Getty Images Image caption Marylin Monroe dianggap masih 'aktif' sebagai selebritas, meskipun sudah meninggal dunia.

Mereka yang mendambakan ketenaran abadi harus melalui serangkaian tantangan, antara lain kecemburuan saingannya dan kemungkinan kepunahan peradaban dan bahasa mereka. Jadi bagaimana caranya untuk tetap dikenang generasi yang akan datang?

Saya berada di sudut terpencil sebelah barat di pemakaman Highgate, London, menatap sebuah pusara besar yang terbuat dari marmer. Pusara itu berbentuk seperti kotak panjang, dengan patung seekor anjing berukuran sebenarnya yang digambarkan sedang duduk rebah. Batuannya dipenuhi bercak-bercak kehijauan lumut dan sulur-sulur tumbuhan ivy merambat di dasarnya. Ukiran di batu itu berbunyi "Didirikan untuk mengenang Thomas Sayers".

Pemandu kami bertanya apakah ada di antara rombongan yang pernah mendengar nama laki-laki itu. Kami menggelengkan kepala, sama sekali tidak tahu.

Pada saat kematiannya, situasinya sangat berbeda. Waktu itu musim dingin tahun 1865 dan Sayers, yang memulai kariernya sebagai tukang batu bata yang buta huruf, telah sukses menjadi salah satu olahragawan paling terkenal di zaman Victoria.

Sayers adalah juara tinju tangan-kosong pertama di Inggris. Pertandingan terakhirnya, di mana ia bertarung dengan satu tangan di sebuah lapangan di Hampshire, disaksikan ribuan orang. Kereta khusus disewa untuk membawa para penonton, yang termasuk para tokoh terkenal zaman Victoria seperti novelis Charles Dickens dan William Thackeray. Bahkan perdana menteri waktu itu, Lord Palmerston turut hadir; Parlemen sengaja bubar lebih awal dan Ratu Victoria meminta supaya diberitahukan hasil pertandingannya.

Gaya pakaian Putri Diana yang memberontak terhadap aturan Paul McCartney menggugat Sony terkait lagu-lagu The Beatles Mengapa kita tak boleh meniru Bill Gates jika ingin menjadi kaya?

Ketika Sayers tutup usia beberapa tahun kemudian, iring-iringan pemakamannya membentang sampai sejauh tiga kilometer dan dihadiri sekitar 100.000 orang. Kekacauan terjadi di area kuburan ketika orang-orang memanjat pohon dan menginjak-injak batu nisan, demi pemandangan yang lebih baik.

Seratus dan lima-puluh dua tahun kemudian, reputasinya telah menjadi abu. Ia masih dikenal para sejarawan dan penggila tinju - tapi bagi kita yang awam, ia bukanlah siapa-siapa.

Jalannya waktu yang perlahan tapi pasti meninggalkan banyak 'korban' serupa - orang-orang yang melesat ke puncak kepopuleran hanya untuk dilupakan kemudian. Misalnya penyair Yunani Sappho, yang puisi erotisnya membangkitkan gairah para pendengar di zaman kuno. Sajak-sajak itu begitu memikat, seorang pejabat Athena mengatakan ia merasa bakal mati kalau mendengarnya.

Hak atas foto Hulton Archive Image caption Tinju tangan-kosong (tanpa sarung tinju) sangat populer di zaman Victoria - tapi para bintang seperti Thomas Sayers dilupakan tak lama setelah kematiannya.

Atau gladiator termasyhur Spiculus, yang tampil di tampil di amfiteater-amfiteater Romawi kuno. Sang kaisar Nero begitu terpikat kepadanya sampai-sampai ketika merasa bahwa upaya pembunuhan terhadapnya sudah dekat; ia meminta Spiculus yang melakukannya.

Kenapa beberapa orang hampir langsung dilupakan setelah mereka tiada, sementara lainnya bertahan, tertanam begitu dalam di budaya kita sehingga kita masih mempelajari mereka, menganalisis kejiawaan mereka; menulis tentang kehidupan, kematian, dan pencapaian mereka; dan bahkan menggambarkan mereka dalam film, beribu tahun setelah mereka meninggal dunia?

Mereka yang menginginkan ketenaran abadi harus menjalani sejumlah tantangan, termasuk kecemburuan para saingan dan kemungkinan kepunahan peradaban dan bahasa mereka. Namun ada beberapa petunjuk tersembunyi dalam kisah hidup mereka yang berhasil dan mereka yang menghilang di tengah jalan.

Atur citra Anda, tapi jangan berlebihan

Tempat yang pas untuk memulai pencarian petunjuk tersebut ialah masyarakat Yunani Kuno, yang bagi mereka, mencapai kemuliaan abadi adalah obsesi. "Mereka sangat, sangat berfokus pada ketenaran," kata Thomas Harrison, profesor Sejarah Kuno di Universitas St. Andrews.

"Mungkin [sekarang] kedengaran lucu, tapi dulu bukan hal yang memalukan untuk berkata bahwa Anda menginginkan ketenaran abadi dalam berbagai bentuk, jadi orang-orang membicarakannya secara lebih terang-terangan."

Dari Jonghyun hingga Kurt Cobain, mengapa selebritas bunuh diri di puncak karir? Mnangagwa, presiden baru Zimbabwe 'kerap' pakai batik, apakah batik kian populer di Afrika?

Di pusat semua itu adalah konsep kleos, yang terjemahan kasarnya ialah "hal yang didengar orang tentang Anda". Konsep itu dipopulerkan oleh puisi Homer - dengan sendirinya bertahan selama ribuan tahun - dan dicapai dengan mengambil risiko besar dan membuat pengorbanan hebat, terutama dalam pertempuran. Jagoan Homer, Achilles, yang tewas setelah ditembak dengan anak panah di bagian tumitnya, adalah contoh arketipenya.

"Pada suatu masa para pemimpin militer menjalani perang dengan tujuan khusus mencapai kejayaan," kata Lynette Mitchell, pakar Sejarah dan Politik Yunani Kuno di Universitas Exeter.

Sudah bisa ditebak, beberapa sosok dengan nama besar sangat terobsesi dengan ide itu. Alexander Agung memimpin kerajaan Macedonia dari 336-323 SM, mengembangkannya dari daratan utama Yunani dan pulau-pulau Mediterania yang terpencar menjadi kekuatan global yang membentang sampai barat laut India.

Hak atas foto Hulton Archive Image caption Alexander Agung memastikan setiap patung dan koin yang memuat gambar wajahnya dibuat semirip mungkin.

Seperti Julius Caesar, Alexander adalah jagonya promosi-diri, yang mesin propaganda canggihnya meliputi - antara lain - rombongan sejarawan yang menemaninya dalam operasi penaklukan. "Mereka bisa dikatakan menulis sejarah kampanye militernya saat itu juga," kata Harrison.

Alexander juga dilaporkan hanya mengizinkan seorang pematung untuk memahat potret dirinya dan dengan hati-hati merencanakan detail kemiripan wajahnya yang muncul dalam koin uang.

Strategi ini telah berlanjut ke zaman modern, digunakan oleh presiden maupun bintang pop. Namun mereka yang berharap untuk dikenang perlu berhati-hati. "Para selebritas zaman sekarang, misalnya Bono (vokalis grup musik rock U2), mengalami penilaian-kembali sampai tingkat tertentu," kata Chris Rojek, seorang sosiolog di City, Universitas London.

"Fakta bahwa pemasaran lebih terlibat dalam penciptaan tokoh-tokoh ini berarti kritik sosial yang mengepung mereka juga jauh lebih mengakar daripada sebelumnya."

Putuskan karier Anda dengan bijak

Mereka yang cukup beruntung dilahirkan di lingkungan kekuasaan masih memiliki peluang cukup baik untuk diingat, terutama jika mereka berfokus untuk mengubah dunia dengan ide mereka. Misalnya para filsuf. Di zaman kuno, mereka tidak begitu dikenal baik oleh khalayak. Mereka hidup di dunia yang asing, dan mereka yang dianggap ateis dipandang mencurigakan dan aneh. Tapi ribuan tahun kemudian, karya mereka masih menuntun pemikiran modern dan dikenal begitu luas sampai nama-nama mereka menjadi tak terpisahkan dari bidang mereka.

"Mereka mengubah cara orang berpikir dan karena itulah mereka tetap penting," kata Lynette Mitchell. Akan tetapi, para filsuf kuno diuntungkan dengan saingan yang lebih sedikit - karena kebanyakan orang di masa itu buta huruf - dan menjadi yang pertama. Menemukan ketenaran menjadi semakin sulit tanpa ide orisinal, tapi masih mungkin untuk menciptakan eksperimen pemikiran yang revolusioner. Pada 2013, sekelompok ilmuwan berusaha mencari tahu siapakah sarjana paling berpengaruh di dunia. Mereka menjelajahi internet demi menemukan tokoh yang paling sering disebut serta melakukan analisis yang rumit. Pemenangnya? Karl Marx.

Dan memang, seiring Da Vinci, Galileo, dan Isaac Newton mendekati satu milenium ketenaran mereka, dan Darwin dan Einstein mencatat kemahsyuran selama berabad-abad, hidup di laboratorium mungkin menjadi pilihan yang menggoda. Tapi sayangnya, di zaman sekarang bahkan hadiah Nobel belum tentu mangkus. "Sains dahulu dipandang sebagai penemuan individual yang heroik, yang tidak sepenuhnya benar, tapi itu lebih benar daripada di masa sekarang," kata Harrison.

Hak atas foto PATRIK STOLLARZ/AFP Image caption Nama Karl Marx tetap bertahan, meskipun banyak rezim komunis telah runtuh.

Sains sekarang tak hanya jauh lebih kolaboratif, tapi seperti halnya filosofi, semua konsep dasarnya - yang relatif lebih mudah dipahami kebanyakan orang - telah dijabarkan. "Salah satu kesulitan yang dihadapi para ilmuwan zaman sekarang ialah sulitnya [orang awam] untuk memahami apa sih maksudnya penemuan mereka," tuturnya. Karena orang-orang perlu berusaha keras untuk memahami lubang hitam dan string theory, bahkan para jenius zaman modern seperti Stephen Hawking mungkin akan dilupakan - meskipun kisah hidupnya menarik.

Profesi lainnya yang bisa dihindari antara lain olahraga dan musik. "Para pahlawan olahraga meninggalkan bekas pada suatu generasi, tapi setelah mereka mulai dilupakan bekas itu pun menghilang," kata Ruth Penfold-Mounce, sosiolog di Universitas York. "David Beckham akan menghilang [dari ingatan], saya kira."

Menjadi penulis lagu terutama berisiko, karena satu alasan besar: musik cenderung ketinggalan zaman. Di antara seluruh karya musik dari seribu tahun ke belakang, hanya sedikit yang bertahan selama lebih dari satu abad, selain musik klasik. Sulit membayangkan keturunan kita mendengarkan The Beatles di mobil terbang dan pesawat ruang angkasa mereka, dengan perkembangan genre yang begitu cepat. Lagipula, hanya sedikit orang yang mengenal melodi Santo Godri dari Finchale, seorang petapa Inggris dan orang suci terkenal di abad pertengahan, yang menulis beberapa lagu paling tua yang bertahan di Inggris pada sekitar awal abad 12.

Menjadi penulis lagu terutama berisiko, karena satu alasan besar: musik cenderung ketinggalan zaman.

Demi mendapat kesempatan terbaik untuk dikenang, mungkin pilihan terbaik ialah karier di bidang politik - tapi jangan coba-coba meniru jagoan Anda dari zaman kuno. Dari Caesar sampai Boudica, dahulu para pemimpin yang paling diingat termasyhur karena kemampuan mereka sebagai prajurit atau pakar strategi militer. Para pemimpin yang lebih modern - seperti Nelson Mandela, Abraham Lincoln, dan Gandhi - terkenal karena memimpin revolusi atau memajukan hak asasi manusia. Taruh senjata Anda dan fokuslah pada tujuan mulia.

Terakhir, Anda mungkin mau mencoba menjadi penulis atau sastrawan. Seperti halnya ide, cerita yang hebat tak pernah mati. Tapi, hanya jika Anda membuat salinannya. "Bagi para penulis kuno, semuanya soal kemungkinan bertahannya teks," kata Harrison. "Dalam beberapa kasus hanya ada satu salinan yang bertahan, dan sastra Latin akan menjadi sangat berbeda jika itu musnah."

Hak atas foto Getty Images Image caption Ruth Penfold-Mounce, sosiolog di Universitas York. "David Beckham akan menghilang [dari ingatan], saya kira."

Sebagai contoh, ia menyebut Virgil, penyair Romawi yang - setelah 11 tahun mengerjakan satu teks - meminta agar karyanya dihancurkan di ambang kematiannya. Teks itu belum selesai, dan ia sangat malu kalau sampai ada yang melihatnya. Untungnya, wali Virgil tetap menyimpannya dan karya tersebut dianggap salah satu epos terhebat di zamannya.

Jangan menjadi raja

Sekilas, menjadi raja tampak seperti jaminan untuk 'keabadian'. Tapi Rojek tidak begitu yakin. "Akankah orang-orang mengingat sang Ratu [Inggris] 1.000 tahun yang akan datang? Menurut saya tidak," ujarnya.

"Keluarga kerajaan jauh lebih generasional - setelah mereka meninggal, orang lain datang menggantikan. Saya rasa Putri Diana tidak akan diingat bahkan dalam 100 tahun ke depan. Henry VIII terkenal, tapi [itu karena] ia menghancurkan suatu agama, ia menghapuskan Gereja Katolik [di Inggris]."

Hak atas foto Getty Images Image caption Seorang penggemar berdiri depan gerbang Istana Kensington, tempat tinggal mendiang Putri Diana pada acara peringatan 20 tahun wafatnya ibu Pangeran William dan Pangeran Harry ini.Menjadi orang beruntung

Ketika Tutankhamun menghembuskan nafas terakhirnya pada 1323 SM, mungkin di kota Thebes setelah terjangkit malaria, ia baru seorang raja muda berusia 18 tahun. Ia tidak diketahui pernah mencapai sesuatu yang luar biasa. Seandainya Anda ikut taruhan, mungkin Anda tidak akan bertaruh bahwa firaun satu ini akan menjadi terkenal ribuan tahun kemudian. Tapi sesuatu yang luar biasa terjadi.

Membangun pusara untuk seorang firaun adalah pekerjaan yang sangat sulit, membutuhkan usaha puluhan tahun dari para tukang plester, pelukis, dan pemahat batu sepanjang masa pemerintahan firaun tersebut. Namun kematian Tutankhamun begitu tiba-tiba dan mereka kehabisan waktu. Sebagai gantinya, ia terburu-buru dikebumikan dalam sebuah makam kecil di bagian yang relatif terpencil di Lembah Para Raja. Makam itu disegel bahkan sebelum catnya kering. Selama bertahun-tahun, makam Tutankhamun terkubur dalam reruntuhan dan akhirnya terlupakan sama sekali.

Hak atas foto AFP Image caption Tutankhamun menjadi ikon sejarah Mesir kuno setelah makamnya ditemukan secara kebetulan.

Ketika ditemukan oleh arkeolog Howard Carter dan sponsornya Lord Carnavarvon pada 1922, makam tersebut penuh dengan harta kekayaan yang melampaui imajinasi mereka. Lokasi dan ukurannya menjaganya tetap tersembunyi dengan aman, sementara semua makam di sekitarnya dibongkar oleh para penjarah.

Kenangan tentang Tutankhamun disokong oleh sejumlah besar artefak fisik yang ditinggalkannya. Muminya saja telah dipelajari dengan begitu cermat oleh para ilmuwan yang berusaha mengungkap misteri tentang hidupnya yang pendek dan bagaimana ia meninggal. Kesohorannya bertambah dengan setiap tajuk berita dan film dokumenter. Ketika kita berpikir tentang Mesir kuno, kita membayangkan Tutankhamun. Tidak masalah bahwa semuanya hanya kebetulan.

Kenangan tentang Tutankhamun disokong oleh sejumlah besar artefak fisik yang ditinggalkannya

Tinggalkan semacam warisan

Sebenarnya, meninggalkan warisan fisik dalam bentuk apapun sangatlah membantu. Warisan tersebut bisa berupa keturunan yang sangat banyak dari prajurit Mongol Abad ke-13 Genghis Khan, yang merupakan bapak satu dari 200 orang yang hidup di masa sekarang, atau berupa banyak monumen dan koin dengan ukiran wajah Alexander Agung. Di Cina, kaisar Qin Shi Huang menjamin memori abadinya dengan Tembok Besar Cina dan ribuan tentara Terakota di kuburannya - belum lagi pencapaiannya sebagai pendiri negara. Jadi, berikanlah orang-orang sesuatu untuk dikagumi.

Mati secara sensasional

Seringkali sepanjang sejarah, mati muda atau secara dramatis - seperti Cleopatra yang mendekap seekor ular kobra ke dadanya - adalah langkah yang sangat penting untuk tetap dikenang. Dari semua orang terkenal di zaman kuno, hanya sedikit dari mereka yang sampai di usia 40 tahun.

Hak atas foto Spencer Arnold/Hulton Archive Image caption Meski wafat 2.000 tahun lalu, nama Julius Caesar masih dikenal sampai sekarang.

Tentu saja, strategi ini tidak disarankan dan tidak ada jaminan nama baik Anda akan bertahan. Tapi dalam kondisi yang tepat, sebuah tragedi tak lagi diperlukan untuk mendapatkan ketenaran. Dengan teknologi modern, kini sangat mudah untuk mempertahankan citra Anda.

"Ada iklan parfum terkenal yang menampilkan Charlize Theron bersama Marilyn Monroe, Grace Kelly dan Marlene Dietrich," kata Penfold-Mounce. Terkait Marylin Monroe, ia menekankan bahwa sang aktris "masih sangat aktif, untuk ukuran orang mati".

Menjadi seorang penjahat

Jalan lain menuju ketenaran abadi yang tidak disarankan ialah menjadi terkenal karena kejahatan. Dari Jack the Ripper dan Kapten Blackbeard, sampai Hitler dan Ivan yang Mengerikan, banyak tokoh terkenal dalam sejarah meraih kemasyhuran karena nama buruknya. "Ada fantasi tentang para tiran," kata Lynette Mitchell. "Fantasi tersebut adalah salah satu citra yang benar-benar abadi."

Penjahat yang paling karismatik telah diingat, sambil bergidik, dari generasi ke generasi. Menurut Rojek, ini membuat beberapa orang memburu ketenaran dengan cara kotor. "Ketika Mark David Chapman, yang menembak John Lennon, didakwa atas pembunuhannya, ia berkata 'demi menjadi orang paling termasyhur di dunia, saya harus membunuh orang paling termasyhur di dunia.'"

Mark David Chapman, yang menembak John Lennon, didakwa atas pembunuhannya, ia berkata 'demi menjadi orang paling termasyhur di dunia, saya harus membunuh orang paling termasyhur di dunia

Cara ini berhasil bagi beberapa orang, tapi merupakan strategi yang tercela dan tidak bisa diandalkan. Itu karena salah satu respon terhadap penjahat ialah berusaha menyingkirkannya dari sejarah - menghapus semua jejak-jejak mereka dari catatan publik, termasuk meruntuhkan semua yang pernah mereka bangun.

"Bahkan [sang sejarawan Yunani] Herodotus adakalanya bilang 'orang itu melakukan sesuatu yang sangat mengerikan, saya tidak akan menyebut namanya' - ada semacam anggapan bahwa Anda tidak boleh bicara tentang perbuatan buruk," kata Harrison. "Mereka [sejarawan] seperti punya kuasa atas Anda, dalam hal apakah mereka memutuskan menyebut nama Anda atau tidak."

Mendirikan agama

Terdapat tumpukan bukti bahwa Yesus Kristus, Siddharta Gautama (dikenal sebagai Buddha), dan banyak pemimpin agama lainnya benar-benar ada, bukan tokoh rekaan, meski mereka meninggal ribuan tahun lalu. Penulis buku L. Ron Hubbard membuktikan bahwa mendirikan suatu agama masih mungkin dilakukan di tahun 50-an, ketika ia mendirikan Gereja Saintologi. Karena ajarannya, kini ia dikenal sebagai salah satu warga Amerika paling berpengaruh sepanjang sejarah - serta penulis buku yang paling banyak diterbitkan dan paling banyak diterjemahkan di seluruh dunia. Langkah ini bolehlah dicoba bagi mereka yang menginginkan ketenaran.

Menjadi luar biasa kaya

Terakhir, mereka yang berharap untuk dikenang harus berusaha menjadi luar biasa kaya. Ungkapan "mereka sekaya Croesus", berarti mereka sangat kaya, berasal dari seorang sosok yang hidup lebih dari 2.500 tahun lalu di Turki.

Raja Croesus (dilafalkan Kri-sas) memimpin kerajaan Lydia selama 14 tahun dan terkenal akan hadiah mewahnya kepada para peramal di Delphi. Hadiah tersebut meliputi patung perempuan berukuran asli yang terbuat seluruhnya dari emas. Di kalangan sejarawan, Raja Croesus dikenal karena menerbitkan koin emas dan perak murni pertama, yang merevolusi kemudahan pertukaran barang.

Tapi akankah para tokoh terkenal masa kini masih diingat 1.000 tahun yang akan datang?

Hak atas foto AFP Image caption Akankah tokoh-tokoh politik besar seperti Donald Trump dan Vladimir Putin tetap diingat seribu tahun kemudian?

Lynette Mitchell bertaruh pada Alan Turing, sang penemu komputer. "Ia kembali diingat dalam beberapa tahun ke belakang karena ada banyak cerita bagus tentangnya yang dituturkan," ujarnya.

Bagi Penfold-Mounce, tokoh yang akan tetap dikenang ialah Donald Trump. "Saya pikir individu yang akan bertahan dari Abad 21 adalah beberapa politikus besar dan pemimpin dunia. Jika harus bertaruh antara seseorang seperti Theresa May dan Donald Trump. Saya pikir Trump akan diingat lebih lama."

Di Indonesia, Obama jauh lebih populer dibanding Trump Kenapa Hillary Clinton dibenci begitu rupa

Harrison setuju. "Saya pikir para tokoh intelektual publik tak punya peluang untuk dikenang," ujarnya. "Lucunya, di dunia akademik Anda bisa yakin bahwa Anda akan diingat oleh kelompok yang sangat kecil. Saya secara rutin membuka buku yang berusia 100 tahun.

"Tapi secara lebih luas, saya pikir akan cukup mirip dengan dunia kuno... bukan para pegulat dan bintang pop yang dikenang. Tapi para tokoh politik besar, seperti Trump dan Putin."

Rojek bertaruh pada Nelson Mandela. "Menurut saya, tokoh yang abadi berhasil menangkap semangat zamannya dan dengan suatu cara mengekspresikannya dan bertindak sebagai perwakilan dari semangat itu. Jadi kita tak perlu berpikir terlalu keras tentang zaman tersebut. Semua terangkum dalam sosoknya."

--

Anda dapat membaca versi bahasa Inggris artikel ini, Who will be remembered in 1.000 years?, di BBC Future.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.