Persahabatan pendeta dan ustad mengantar mantan tentara anak Ambon menjadi duta damai
Media playback tidak ada di perangkat Anda
Pendeta Jacky Manuputty masih dihantui oleh langkahnya memberkati para kombatan saat konflik berdarah bergolak di Ambon hampir 20 tahun lalu.
"Saya tak pernah membawa senjata namun doa saya dan berkat saya lebih dasyat dibandingkan senjata. Dengan memberkati, mereka (para kombatan) percaya bahwa inilah perang suci," kata Pendeta Jacky pada satu hari Minggu setelah memimpin kebaktian di Gereja Silo, salah satu gereja tertua di Ambon.
Konflik paling berdarah di Indonesia dengan korban lebih dari 5.000 orang meninggal, membuat banyak orang "tak punya waktu untuk rasional, dan hanya dapat bertahan, bunuh atau dibunuh," kata Jacky.
"Saya terlibat dalam konflik untuk memotivasi Kristen mempertahankan hidup dan milik mereka," tambahnya.
Sejak konflik pecah pada Januari 1999, Pendeta Jacky sempat mengalami masa terombang ambing: membela komunitasnya atau melihat konflik sebagai bencana kemanusiaan.
Saling bunuh, saling bakar sampai... ’sayang kamu semua’: Mantan tentara anak Islam dan Kristen Ambon Kisah perakit bom molotov yang memilih merawat perdamaian di Maluku Sejumlah gereja mundurkan jadwal ibadah demi 'dukung umat Muslim salat Idul Fitri'Undangan Sinode Gereja Presbyterian di New York City, beberapa bulan setelah kerusuhan pecah, yang seolah "memanggang sekujur tubuhnya" saat itu.
Saat datang ke Amerika Serikat pada April 1999, ia hanya bercerita tentang korban Kristen, pernyataan yang mengundang pertanyaan "Mengapa Anda hanya bercerita tentang orang Kristen yang menjadi korban di Maluku? Staf kami baru kembali dari Indonesia dan menginformasikan bahwa banyak Muslim juga menjadi korban."
Pertanyaan pihak gereja yang membuatnya "malu, gelagapan dan tertunduk dalam diam" ini, menjadi salah satu awal perjalanannya melihat konflik sebagai bencana bagi masyarakat Maluku secara keseluruhan dan bukan konflik agama.
Salah satu titik awal baginya untuk menjalin komunikasi dengan pihak Muslim dan ikut mengupayakan perdamaian.
"Namun pada saat itu saya tak bisa mempublikasikan perdamaian karena ketika orang mabuk akan perang, bisa bahaya. Kami kerja di bawah tanah," ceritanya lagi.
Perjalanan panjang ini yang membawanya bertemu dengan para pemuka Muslim, salah seorang di antaranya Ustad Abidin Wakano.
Image caption Ronald Regang (kiri) dan Iskandar Slameth ikut di garis depan medan tempur sejak 10 tahun dan 13 tahun.Perjalanan ini juga yang membawa keduanya bersahabat dan berupaya menjadi "panutan" untuk ikut merajut rasa saling percaya komunitas Kristen dan Muslim yang saat itu mencapai titik saling benci dan dendam yang begitu tinggi.
Mereka yang terseret dalam bara kebencian, dendam dengan saling menyerang dan saling membunuh ini termasuk banyak kombatan anak yang ikut berada di garis depan perang selama bertahun-tahun.
Sejumlah di antara mereka termasuk Ronald Regang yang menjadi pemimpin komandan pasukan anak Kristen dan Iskandar Slameth, yang tergabung dalam Pasukan Jihad. Ronald berusia 10 tahun saat mulai masuk medan tempur dan Iskandar 13 tahun.
Setelah konflik mulai mereda, menyusul perjanjian Malino pada 2002, mereka mengalami trauma mendalam atas pengalaman mereka.
Orang mengatakan kami penyebab Ambon rusuhDi tengah masyarakat yang terpecah saat itu, mereka justru dituduh sebagai bagian dari "penyebab kerusuhan."
Hak atas foto Getty Images Image caption Suasana Ambon pada 1 Mei 2004, masih bergolak dua tahun setelah perjanjian Malino pada 2002."Dulu kita dianggap sebagai pahlawan karena kita maju ke medan pertempuran di garis depan, nyawa taruhan kita, dulu kita dianggap sebagai Tuhan kedua dalam medan pertempuran… setelah konflik memang kita dikucilkan," cerita Ronald.
"Kalau tak ada kita saat itu, apakah kalian masih ada? Tidak ada daerah Kristen yang bisa bertahan berapa belas tahun. Atau daerah Muslim yang bisa bertahan. Saya tak tahu kenapa orang berpikir seperti itu … Memang sakit hati," tambahnya.
Sementara Iskandar lari ke narkoba untuk mengatasi rasa "stress"nya.
"Jadi bandar, jadi pemakai, kehidupan malam," kata Iskandar.
Sejak perjanjian Damai Malino 2002, gejolak masih terjadi beberapa kali dan suasana masih begitu rentan.
Kedua mantan kombatan anak dan bekas musuh ini bertemu dalam salah satu acara lintas damai yang melibatkan Lembaga Antar Iman Maluku, wadah yang diorganisir Pendeta Jacky dan Ustad Abidin.
Jacky mengatakan, "Saat masuk ke Young Ambassador for Peace, staf Lembaga Antar Iman Maluku, bertemu dengan mantan fighters (pejuang), jihadis mini, mereka sempat tegang tapi selalu ada pengaman dari mereka yang telah membangun relasi sebagai sahabat Muslim dan Kristen."
Dalam pertemuan ini, para mantan tentara anak mengungkap pengalaman dan perasaan masing-masing.
Image caption Ronald dan Iskandar mengatakan keduanya bersahabat setelah saling mengungkap pengalaman dan perasaan pada pertemuan tahun 2006."Saya tulis saya paling benci sama orang Kristen, karena kakak saya hancur kakinya, sepupu saya mati. Lalu saya bakar semua (tulisan itu)," cerita Iskandar mengenang pertemuan dengan mantan petempur Kristen pada 2006.
Sementara Ronald mengatakan, "Saat itu tak ada kemarahan, tapi merasa bersalah. Saya minta maaf kepada orang Muslim yang pernah saya bunuh, saya minta maaf untuk semua orang Muslim dan saya katakan bukan saya saja yang membunuh, tapi semua orang saat itu membunuh, prinsipnya adalah bila tak membunuh akan dibunuh."
"Kita tak tahu apa yang kita perbuat saat itu, dan seandainya kalau kita tahu pun, kita tak akan lakukan," kata Ronald lagi.
Pendeta Jacky mengatakan saling bertemu antara mantan tentara anak Muslim dan Kristen ini merupakan salah satu langkah awal untuk memulihkan trauma dan sekaligus membangkitkan rasa saling percaya antara dua komunitas yang terpecah.
Hak atas foto Jacky Manuputty Image caption Jacky Manuputty bersama Ronald dan Dahlia Talo sebelum mereka diberangkatkan untuk mengangkat pengalaman mereka di Filipina dalam pertemuan tentang mantan tentara anak.Mereka juga diajak keluar Ambon, ke Jogjakarta, Jakarta dan juga Filipina, dalam berbagai kegiatan untuk menceritakan pengalaman sebagai bekas kombatan anak.
"Dia (Ronald) dihormati sebagai fighters (pejuang) di dalam konflik, ketika konflik selesai, masyarakat umumnya menyingkirkan mereka. Dan menganggap mereka sebagai orang-orang bermasalah di masyarakat. Mereka dikucilkan," kata Pendeta Jacky.
Image caption Mantan tentara anak dipuji saat konflik namun dikucilkan setelah konflik.Melalui perjumpaan secara intensif ini, kata Ustad Abidin, "Mereka saling memahami bahwa mereka menjadi korban… anak-anak seusia mereka yang juga mengalami korban yang sama, kakek, nenek, saudara, sahabat yang meninggal atau bahkan kampung halaman yang dibakar. Dari situ mereka berjumpa dan ternyata mereka menyadari mereka memiliki nasib yang sama."
Proses untuk kembali merajut saling percaya ini dilanjutkan dengan saling berkunjung ke wilayah masing-masing, perjalanan melintas batas tempat tinggal yang sangat berat dilakukan saat itu sekalipun konflik mulai mereda.
"Mereka bisa tinggal di rumah laskar jihad (misalnya), dari situ anggapan bahwa yang berjenggot jahat ternyata tidak," kata Abidin yang saat ini menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia, Maluku.
"Orang seperti Ronald, dia bertemu seorang ustad… yang sebelumnya dia anggap identik dengan teroris dan pertemuan ini merubah prospektif terhadap orang yang semula dianggap jahat," tambahnya.
Persahabatan dan saling percaya yang ditunjukkan ustad dan pendeta ini menjadi salah satu kunci bagi para mantan tentara anak untuk kembali membangkitkan rasa percaya.
"Saat mereka kembali ke komunitas masing-masing, mereka dikelilingi oleh orang yang masih memendam kebencian satu sama lain, karena itu kami mulai mengajak mereka untuk saling mengunjungi," kata Pendeta Jacky yang saat ini menjadi asisten Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antariman dan Antarperadaban.
"Dia (Ronald) melihat saya dan Ustad Abidin menjadi sahabat dan keluarga, dan itu merubah citra dia tentang Muslim. Kami pertemukan dia dengan teman-teman Muslim. Dia membandingkan dengan apa yang dia pahami sebelummya. Rasa percaya mulai tumbuh. Kami libatkan dia dalam lingkungan yang lebih luas."
Image caption Abidin Wakano dalam khotbah Jumat di Masjid Al-Fatah Ambon."Dia percaya Ustad Abidin sebagai panutan (untuk percaya Muslim) dan saya menggaransi (kepercayaan itu). Dari Ustad Abidin dia bangun rasa percaya," tambahnya.
Masyarakat Maluku dan Ambon pada khususnya saat ini masih tinggal terkotak-kotak. Ada wilayah Kristen dan ada wilayah Muslim.
Segregasi sudah terjadi sejak zaman kolonial Belanda yang memang menempatkan masyarakat sedemikian rupa dalam kebijakan memecah belah. Namun konflik menjadikan pemisahan menjadi "permanen.'
Saat ini, Pendeta Jacky menempatkan kerentanan konflik pada angka enam, dalam skala satu sampai sembilan.
"Masih rentan karena memakan waktu lama untuk menyembuhkan trauma," katanya.
Hak atas foto Masaribu Network Ambon Image caption Kawasan tempat tinggal di Ambon. Merah muda kawasan Kristen, hijau Muslim dan kuning yang hanya sedikit campuran."Masih ada 40% sampai 50% kemungkinan (konflik), kita harus perkuat terus lewat provokasi perdamaian, perbanyak teman-teman muda. Mereka jadi amunisi hidup ketika konflik terjadi," kata Jacky.
Image caption Pendeta Jacky: Membangun kepercayaan dan percaya diri anak-anak mantan tentara anak.Sama-sama dimanfaatkan oleh orang lainTetapi dalam masyarakat pada umumnya, tambah Jacky, "Tumbuh kesadaran kolektif bahwa kita sama-sama hancur, sama-sama rugi dan sama-sama dimanfaatkan oleh orang lain untuk memperoleh keuntungan."
"Namun trauma masa lalu masih belum tuntas, belum selesai. Orang hanya menjaga agar jangan sampai terjadi. Orang belum sampai pada proses penyembuhan secara kolektif. Orang masih mengingkari atas apa yang terjadi di masa lalu. Belum ada penyembuhan kolektif."
Dari ratusan mantan kombatan anak yang terlibat dalam konflik Maluku, diperkirakan hanya sekitar 50 yang mengalami proses pemulihan dan menjadi "duta damai" melalui gerakan yang dinamakan Provokator Perdamaian.
Image caption Iskandar, Pendeta Jacky, Ustad Abidin dan Ronald di kedai kopi di Ambon.Banyak lainnya yang terlibat dalam dunia keras, preman atau menjadi penagih hutang di kota-kota besar.
Bagi Ronald dan Iskandar dan sejumlah kecil mantan kombatan muda lainnya, penghargaan terhadap apa yang mereka lakukan saat ini juga menjadi faktor kunci.
"Apa yang Ronald peroleh adalah respect (dihargai)) dalam level yang sama tapi sebagai pekerja perdamaian. Ini reward (penghargaan), dia dihargai, dihormat,i dicintai, dan dia beri kesempatan untuk dapat bekerja bagi perdamaian," kata Jacky.
Berbagai aktivitas bersama yang mereka lakukan termasuk bengkel seni, baca puisi, tari, hip hop dan pecinta alam.
Di lapangan, selain beragam aktivitas ini, Ronald dan Iskandar dan teman-teman mereka juga sibuk mencegah tersebarnya ujaran dan isu kebencian lewat media sosial untuk menjaga kebersamaan masyarakat yang pernah terluka parah akibat kerusuhan paling berdarah di Indonesia ini.
Produksi visual oleh Haryo Wirawan
Artikel ini merupakan bagian dari Program BBC #MelintasiPerbedaan #CrossingDivides
Crossing Divides: Berbagai cerita tentang bagaimana orang berinteraksi dalam dunia yang terpolarisasi.
Post a Comment