Gempa 6,9 Skala Richter, Sambangi Pantai Selatan Pulau Jawa

Jakarta —  Malam tadi, 15/12, pukul 23.50 WIB, hampir sebagian wilayah pantai Selatan Jawa, dan daerah Aceh Besar, diguncang oleh Gempa. 

” Data BMKG menyebutkan, bahwa gempa tidak hanya terjadi di wilayah Aceh dengan getaran 4.8 SR, jam 21. 49 WIB, dengan pusat gempa di laut 123 km Barat Daya Kabupaten Aceh Besar. Dan memiliki Kedalaman, 10 Km. Gempa juga dirasakan sampai kota Banda Aceh,” demikian cuitan BMKG dalam akun twitter @InfoBMKG.

Kemudian selanjutnya, di pesisir selatan pulau jawa, hampir sebagian besar wilayah seperti Tasikmalaya, Ciamis, Bantul, Kebumen dan Sukabumi, diguncang gempa dengan kekuatan Skala Richter bervariasi.

Sementara, warga Sukabumi panik dan langsung keluar rumah akibat besarnya guncangan gempa Jumat (15/12) malam. Hingga kini belum diketahui secara pasti berapa kekuatan gempa dan pusat gempa berada dimana.

Guncangan gempa yang berlangsung cukup lama tersebut terjadi sekitar pukul 23.47 WIB. Informasi yang beredar gempa tersebut berkekuatan 6,9 skala richter yang berpusat di 43 kilometer yang berpusat di laut Jawa. “Warga panik dan sebagian keluar rumah,” ujar warga di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole Kota Sukabumo Hesti K (32 tahun).

Seperti dilansir dari republika, Ia menerangkan gempa tersebut cukup besar getarannya. Menurut dia, sebagian warga yang tidur akhirnya terbangun dan keluar rumah karena khawatir gempa susulan. Dia mengatakan, kini warga sudah kembali ke dalam rumah karena gempa.

Gempa juga dirasakan oleh warga di selatan Sukabumi seperti Palabuhanratu. “Gempa cukup besar tapi sebagian warga di selatan tetap tenang,” ujar salah seorang warga Palabuhanratu Feril (30).

Ia mengatakan warga juga telah menerima informasi waspada peringatan tsunami di selatan Sukabumi. Namun hingga kini kondisi selatan Sukabumi masih aman. 

Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana mengatakan, PMI segera menyiagakan anggotanya untuk bersiap-siap bila ada laporan warga jadi korban bencana ini. “Diimbau warga tenang,” imbuh dia.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bada Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan guncangam gempa dua kali pada pukul 23.04 WIB dan pukul 23.47 WIB. Informasi dari BMKG gempa pada pukul 23.04 WIB berpusat di 48 kilometer barat daya Sukabumi dengan kekuatan 4,5 SR, “kata Zulkarnain. 

Sementara gempa pada pukul 23.47 WIB berdasarkan informasi BMKG menyebutkan adanya pemutakhiran peringatan dini tsunami di Jabar, Jateng, DIY dengan kekuatan 6.9 SR. Gempa berlokasi di 7.75 LS,108.11BT, dengan kedalaman 107 kilometer. Hingga kini, lanjut dia belum ada laporan kerusakan akibat gempa. (*)

source : republika

REKOMENDASI :

Jangan Pakai Aplikasi Pinjam Uang, Anda bisa ditip...

Dibaca 24

USD tertekan, Rupiah melemah

Dibaca 38

Inflasi Indeks Harga Konsumen Tetap Terjaga

Dibaca 61

Rupiah bergerak menguat

Dibaca 33

Rupiah hanya turun Rp 1

Dibaca 22

Ini strategi MNC Bank di 2018

Dibaca 62

Pemkab Nias Gelar Lomba Pangan Non Beras

Dibaca 55

Astaga, Hutang Indonesia naik lagi

Dibaca 1836

Click to comment

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.