Poster-poster Star Wars ala Soviet

Poster-poster Star Wars ala Soviet
Yuri Bokser dan Alexander Chantsev Hak atas foto Yuri Bokser dan Alexander Chantsev

Jika anda gandrung dengan saga Star Wars, Anda patut melihat bagaimana tokoh-tokoh dalam saga ini ditampilkan oleh seniman-seniman negara Uni Soviet.

Di balik 'Tirai Besi', para seniman menciptakan poster yang sangat berbeda untuk kisah saga ini.

Banyak perempuan di Star Wars, seorang fans marah dan membuat versi 'hanya lelaki' Versi retro trailer Star Wars The Last Jedi Carrie Fisher, aktris pemeran utama Star Wars, meninggal dunia Poster Star Wars Hungaria oleh Tibor Helényi

Star Wars dirilis di Hungaria untuk pertama kalinya pada tahun 1980, tiga tahun setelah diluncurkan di AS.

Helényi menghadirkan persepsinya soal saga ini ke dalam palet biru, oranye dan merah yang mencolok, dan beberapa fitur yang dicemooh para penggemar Star Wars karena tidak mengikuti pakem. Helm Darth Vader tiba-tiba memiliki mulut seperti bemper Cadillac kuno.

Kemudian Death Star digambarkan hancur akibat ledakan dari samping; dan ada semacam makhluk kadal bersisik di sebelah kiri dengan lidah yang menjulur dan memegang belati khas Timur Tengah.

Hak atas foto Tibor Helényi

Tidak ada makhluk seperti itu dalam film Star Wars manapun, namun pendekatan Helényi menunjukkan bahwa alien semacam itu bisa ada di dunia yang diciptakan Lucas.

Sebut itu sebagai 'nilai tambah'!

Atau barangkali ini adalah referensi bagaimana Lucas awalnya membayangkan Han Solo sebagai makhluk kadal, sebelum menunjuk Harrison Ford untuk memainkan karakter itu sebagai manusia.

Poster Star Wars Hungaria oleh András Felvidéki

Felvidéki suka menggabungkan teknik ukiran dan etsa kuno dengan konten trippy, avant-garde. Hasilnya, Star Wars terlihat seperti ilustrasi yang bisa menjadi bagian dari serial yang dibuat oleh Edgar Rice Burroughs, Under the Moons of Mars, pada tahun 1912.

Sebuah pesawat antariksa ala steampunk, yang desainnya tidak pernah terlihat di film, menyoroti Chewbacca dengan pose lidah yang sangat mengganggu. Hewan Bantha di sebelah kiri poster lebih menakutkan daripada yang terlihat di film ini, dan C-3PO tiba-tiba terlihat seperti bertukar onderdil dengan tokoh Tin Man di film The Wizard of Oz.

Gagasan untuk menempatkan tokoh-tokoh tersebut seolah-olah mereka adalah fitur ornamen lansekap lazim terjadi di Hungaria pada masa itu. Lihat saja poster kontemporer Apocalypse Now yang menampilkan bagian belakang kepala botak Marlon Brando sebagai kubah monumental sebuah kuil kuno.

Hak atas foto András FelvidékPoster Star Wars Rusia oleh Yuri Bokser dan Alexander Chantsev

Star Wars dilarang beredar di Uni Soviet sampai 1990, meskipun pada kenyataannya transaksi video bajakan yang pesat di pasar gelap memungkinkan banyak warga Soviet menonton film tersebut selama era 1980an.

Yuri Bokser dan Alexander Chantsev menciptakan poster ini, bersama dengan tiga lainnya, untuk merayakan pencabutan larangan tersebut.

Beberapa kritikus menggambarkan Star Wars sebagai 'film koboi ruang angkasa', namun Bokser dan Chantsev memvisualisasikan gagasan tersebut.

Betapapun, mungkin mereka agak berlebihan dalam menggambarkan ide. Tokoh pemburu hadiah, Cad Bane, digambarkan memakai topi ala koboi di serial TV Star Wars : The Clone Wars dan ada semacam balap kuda di The Last Jedi.

Hak atas foto Yuri Bokser dan Alexander ChantsevPoster Star Wars Rusia lainnya oleh Yuri Bokser dan Alexander Chantsev

Kreasi Bokser dan Chantsev menyerang lagi. Tidak ada satu pun dari alien-alien yang digambarkan ini benar-benar muncul dalam Star Wars, tapi bisa jadi.

Karya Bokser dan Chantsev hampir seperti seni visual fiksi yang dibuat penggemar Star Wars.

Yang menggelitik, koleksi novel terbaru Star Wars, Canto Bight, menampilkan sebuah cerita karya Saladin Ahmed berjudul Rules of the Gam. Cerita itu berpusat pada alien pink bermata satu bernama Kedpin Shoklop yang terlihat seperti makhluk di sebelah kanan.

Hak atas foto Yuri Bokser dan Alexander ChantsevLagi, Poster Star Wars Rusia oleh Yuri Bokser dan Alexander Chantsev

Dari mana memulainya? Hieroglif aneh yang membingkai poster? Darth Vader sekarang memiliki helm yang menyerupai wajah jaguar? Bahwa dia memakai mahkota lightsaber multiwarna?

Jelas, tidak ada dalam poster ini yang berkaitan dengan filmStar Wars- kecuali fitur terakhir itu.

Sebelum poster ini, tidak ada film Star Wars yang menampilkan lightsaber dengan warna selain biru, hijau dan merah.

Setelah poster ini, prekuel Star Wars dan serial animasi TV akan mengenalkan lightsaber dengan berbagai warna, seperti lightsaber ungu milik Mace Windu.

Apakah poster ini berpengaruh pada keputusan Lucasfilm untuk memperluas palet warna lightsaber mereka? Hampir pasti tidak. Tapi itu adalah kejadian tanpa disadari untuk hal-hal yang akan datang.

Hak atas foto Yuri Bokser dan Alexander ChantsevPoster Empire Strikes Back versi Polandia oleh Jakub Erol

Jika nama para pemeran tidak muncul di bagian bawah, apakah Anda tahu bahwa poster ini untuk film The Empire Strikes Back?

Terlihat lebih mirip ilustrasi sampul majalah Jerman Der Spiegel dengan sampul Donald Trump, karya Jakub Erol untuk sekuel pertama Star Wars membangkitkan Konstruktivisme - gaya grafis yang disukai oleh propaganda awal Soviet di Blok Timur yang berkaitan dengan otoritarianisme.

Erol adalah seorang desainer poster yang produktif di Polandia. Dia tertarik pada gambaran sederhana dan menonjol untuk mengkomunikasikan idenya: posternya untuk drama Ceko, Days of Betrayal; tentang kebangkitan Nazisme dan usaha perdamaian Neville Chamberlain yang menampilkan tengkorak- tengkorak membentuk swastika.

Hak atas foto Jakub ErolPoster Empire Strikes Back versi Polandia oleh Miroslaw Lakomski

Lakomski memilih pendekatan yang lebih langsung terhadap film tersebut daripada Erol.

Dengan lingkaran warna-warni yang mengingatkan Piet Mondrian dan Saul Bass, poster ini menampilkan gerombolan AT-AT dan Yoda pada film Empire Strikes Back. Tapi coba lihat lebih dekat pada Yoda: sebagian besar fitur wajahnya berwarna hitam dan putih, ekspresinya netral, tatapannya seakan dia melihat ke cakrawala.

Ini adalah pose klasik bagi seorang bijak yang heroik, tapi juga terlihat sangat mirip dengan poster ikonik Che Guevara yang dibuat Jim Fitzpatrick pada 1968.

Seorang tokoh dari sebuah serial film Amerika yang diterjemahkan menjadi pahlawan revolusi sosialis global? Ide bahwa menyelaraskan diri dengan budaya kapitalis yang didukung AS adalah pemberontakan baru.

Hak atas foto Miroslaw LakomskiPoster Empire Strikes Back versi oleh Tibor Helényi

Tibor Helényi kembali membuat poster untuk The Empire Strikes Back.

Tidak ada penambahan makhluk kadal aneh di sini. Sebagai gantinya kita mendapatkan Imperial Star Destroyer yang sangat rinci di pojok kiri atas, dan Vader yang sangat bergaya di kanan bawah.

Dia tampaknya memakai pakaian mekanis yang juga dipakai antek-antek di sampingnya. Jika Episode IX akhirnya harus mengungkapkan Knights of Ren, mari kita berharap mereka setengah keren seperti penjahat ini.

Melengkapi komposisi dinamis dan diagonal adalah sebuah AT-AT bergaya Goth yang bergerak maju ke dalam bingkai seperti steampunk dengan kekuatan alam yang tak terbendung.

Karya Helényi di sini tampaknya mengantisipasi gaya estetika seniman Cam Kennedy yang ditempatkan untuk novel grafis Dark Empire pada tahun 1993, yang membayangkan kebangkitan Kaisar Palpatine dalam tubuh kloning segar dan usaha Lukas untuk belajar lebih banyak tentang Jedi.

Hak atas foto Tibor HelényiReturn of the Jedi versi Hungaria oleh Tibor Helényi

Oke, jadi mungkin Tibor Helényi mengulang di sini dengan memasukkan makhluk kadal aneh lainnya yang tidak ditemukan di film itu sendiri.

Tapi mestinya Anda menyukai bagaimana Death Star kedua tampil membentuk mata Darth Vader.

Karya Helényi benar-benar unik, dan sangat berharga bila ada orang yang tertarik dengan karya desain grafisnya untuk mengeksplorasi beberapa poster film lain yang dia buat.

Posternya untuk Ben-Hur menggambarkan balapan kereta perang yang terkenal dan penyaliban Kristus melalui Toreador Halusinogenik versi Dali.

Sementara seninya untuk film Kagemusha buatan Akira Kurosawa membayangkan sebuah jouster Eropa abad pertengahan menggantikan cerita film tentang era feodal di Jepang.

Hak atas foto Tibor HelényiReturn of the Jedi versi Rusia oleh Yuri Bokser dan Alexander Chantsev

Kepala Jabba the Hutt dan Death Star yang menggambarkan dua bola adalah inti poster Bokser dan Chantsev yang merayakan akhir trilogi Star Wars.

Gambar itu dibuat dengan goresan bintang seperti yang terlihat saat Millennium Falcon melompat ke kecepatan cahaya di tengahnya.

Ini adalah penjajaran yang menarik.Apakah dua bola, salah satunya adalah senjata seukuran bulan, dan yang lain adalah kepala gangster, menunjukkan bahwa otoritarianisme memungkinkan tindakan korupsi seperti yang dilakukan Hutt? Banyak yang perlu direnungkan di sini.

Hak atas foto Yuri Bokser dan Alexander ChantsevReturn of The Jedi versi Polandia oleh Witold Dybowski

Penghancuran helm Vader di sini tentu saja merupakan spoiler untuk akhir Return of the Jedi - tapi juga menunjukkan versi helm Vader yang hancur yang tidak akan kita lihat sampai The Force Awakens, 31 tahun setelah seniman Polandia Dybowski membuat gambar ini pada tahun 1984.

Lihat lebih dekat lagi, dan Anda akan melihat bahwa berbagai roda dan gulungan yang merupakan komponen kamera digabungkan ke dalam desain helm.

Hak atas foto Witold Dybowski

Apakah ini sebuah sindiran halus bahwa Star Wars telah 'menghancurkan' bioskop dan bahwa industri film global tidak akan pernah sama?

Atau apakah itu menunjukkan bahwa bioskop itu sendiri adalah semacam sosok Vader - bisa menjadi kekuatan untuk kebaikan atau kekuatan untuk kerugian, tergantung pada maksud pembuat film tersebut.

Anda bisa membaca versi asli dari artikel ini di The Star Wars poster of Soviet Europe di BBC Culture

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.